Jumat, 28 September 2007

GEOGRAFI LETAK DAERAH TULUNGAGUNG

Geografi

Kabupaten Tulungagung terletak 154 km barat daya Kota Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur. Batas-batas wilayah Kabupaten Tulungagung secara administratif adalah sebagai berikut:
Sebelah utara : Kabupaten Kediri
Sebelah Selatan : Samudera Hindia
Sebelah Timur : Kabupaten Blitar
Sebelah Barat : Kabupaten Trenggalek

Secara topografik, Tulungagung terletak pada ketinggian 85 m di atas permukaan laut (dpl). Bagian barat laut Kabupaten Tulungagung merupakan daerah pegunungan yang merupakan bagian dari pegunungan Wilis-Liman. Bagian tengah adalah dataran rendah, sedangkan bagian selatan adalah pegunungan yang merupakan rangkaian dari Pegunungan Kidul. Di sebelah barat laut Tulungagung, tepatnya di Kecamatan Sendang, terdapat Gunung Wilis sebagai titik tertinggi di Kabupaten Tulungagung yang memiliki ketinggian 2552 m. Di tengah Kota Tulungagung, terdapat Kali Ngrowo yang merupakan anak Kali Brantas dan seolah membagi Kota Tulungagung menjadi dua bagian: utara dan selatan.

1 komentar:

Byjuri mengatakan...

Setelah sekian tahun tulungagung banyak mengalami perkembangan yang cukup besar terutama arus moderenisasi yang begitu besar, namun akan menjadi bomerang bagi tulungagung jika masyarakat dan aparat pemerintahnya tidak bisa mengimbanginya dengan mengembangkan budaya asli tulungagung serta menumbuhkan rasa cinta terhadap alam . dan Semoga tulungagung benar-benar menjadi kabupaten yang BERSINAR.(baik kabupatennya maupun pemimpinnya)
By,laki2 Penyayang
Byjuri04@yahoo.co.id
On line 24 jam di 085235864646